LAPORAN KEUANGAN PRIBADI

PENGERTIAN

Laporan keuangan pribadi merupakan sebuah gambaran (Snapshot) atas kondisi keuangan seseorang yang bertujuan untuk mengetahui posisi keuangan seseorang yang terbagi atas 2 (dua) jenis, yaitu:

 

  1. Laporan Neraca Keuangan pribadi (Personal Balance Sheet Statement).

    Laporan neraca keuangan pribadi (personal balance sheet statement) adalah jenis laporan keuangan yang menggambarkan keadaan harta dan kewajiban seseorang dalam suatu periode waktu tertentu.

     

  2. Laporan Arus Kas Pribadi (Personal Cash Flow Statement).

    Laporan arus kas pribadi (personal cash flow statement) adalah jenis laporan keuangan yang menggambarkan aktivitas finansial (arus dana yang masuk dan keluar) seseorang berdasarkan suatu periode waktu tertentu.

 

LAPORAN NERACA KEUANGAN PRIBADI (PERSONAL BALANCE SHEET STATEMENT)

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, laporan neraca keuangan pribadi adalah suatu gambaran atas posisi dan keadaan keuangan seseorang yang menggambarkan harta (asset) dan kewajiban (liabilities) serta nilai kekayaan bersih (net worth) dalam suatu periode waktu tertentu sebagai dasar penilaian untuk melakukan suatu perencanaan keuangan seseorang dan dapat digunakan sebagai tolak ukur (benchmark) untuk evaluasi kinerja keuangan seseorang di masa depan.

 

Laporan keuangan pribadi pada umumnya memiliki komposisi sbb:

 

  • Kekayaan (Asset).
  1. Kas dan Setara kas (Liquid Asset)

Merupakan dana yang dimiliki saat ini / dapat dikonversikan kapan saja menjadi dana tunai (cash) dalam waktu singkat seperti dana tunai, tabungan (ATM), dsb.

 

  1. Asset Investasi (Investment Asset)

Merupakan kekayaan / dana / asset yang dimiliki dengan tujuan investasi (mengharapkan apresiasi atas nilai pokoknya) seperti deposito, reksadana, saham, obligasi, mata uang asing, properti, logam mulia, nilai tunai asuransi dwiguna, nilai investasi unit link, dll.

 

  1. Asset Kepemilikan Pribadi (Personal Used Asset)

Merupakan asset / dana yang besifat pribadi dan tidak / bukan untuk sebagai investasi seperti kendaraan, rumah tinggal, barang koleksi, perhiasan, warisan, dsb.

 

  • Kewajiban (Liabilities)
  1. Kewajiban Jangka Pendek (Short Term Liabilities)

    Merupakan kewajiban yang memiliki jangka waktu jatuh tempo dalam waktu kurang dari atau sama dengan 1 (satu) tahun seperti tagihan kartu kredit, pinjaman pribadi, dsb.

     

  2. Kewajiban Jangka Panjang (Long Term Liabilities)

    Merupakan kewajiban yang memiliki jangka waktu jatuh tempo lebih dari 1 tahun seperti kewajiban kredit pemilikan rumah (KPR), kredit pemilikan kendaraan (KPM), hutang bank, dll.

     

  • Nilai Kekayaan Bersih (Net Worth)

    Nilai kekayaan bersih merupakan selisih antara total asset dengan total liabilities yang merupakan gambaran total kekayaan / harta yang dimiliki seseorang setelah dikurangi dengan kewajiban-kewajibannya.

     

    Nilai kekayaan bersih dapat dihitung dengan rumus:

     

     

     

     

LAPORAN ARUS KAS PRIBADI (PERSONAL INCOME STATEMENT)

Laporan arus kas pribadi merupakan suatu gambaran atas kondisi arus dana / aktifitas finansial seseorang yang menginformasikan berapa jumlah dana yang masuk dan yang keluar dalam suatu periode waktu tertentu sebagai dasar untuk mengetahui pola pengeluaran (spending pattern) seseorang yang bertujuan untuk merancang strategi pendanaan (budgetting) di masa yang akan datang.

 

Laporan arus kas pribadi pada dasarnya memiliki komposisi sbb:

 

  • Arus Kas Masuk (Cash Inflow).

    Arus kas masuk (cash inflow) merupakan sejumlah dana yang masuk ke dalam kas seseorang dalam satu periode waktu tertentu yang dibagi atas:

     

  1. Pendapatan Primer (Primary Income).

Merupakan jenis pendapatan yang utama / bersifat rutin dalam satu periode waktu tertentu yang dimiliki seseorang seperti gaji / upah / pendapatan pensiun, dsb.

 

  1. Pendapatan Sekunder (Secondary Income).

    Merupakan pendapatan kedua / pendapatan tambahan yang didapat oleh seseorang dalam satu periode waktu tertentu seperti pendapatan atas usaha, pendapatan istri, dividen, nilai tunai asuransi dwiguna, pendapatan bunga bank, dsb.

     

  2. Pendapatan Sampingan (Tertiary Income).

    Merupakan pendapatan non rutin dan bersifat insidental (kadang-kadang) yang didapat oleh seseorang dalam satu periode waktu tertentu seperti bonus, keuntungan atas likuidasi asset, dsb.

     

  • Arus Kas Keluar (Cash Outfow).

    Arus kas keluar (cash outflow) merupakan sejumlah dana yang keluar dari kas seseorang dalam satu periode waktu tertentu yang terbagi atas:

     

  1. Pengeluaran Tetap (Fixed Outflow)

Merupakan sejumlah pengeluaran seseorang yang besar jumlahnya bersifat tetap dalam satu periode waktu tertentu seperti pembayaran cicilan KPR, premi asuransi, simpanan tetap untuk pensiun (pension installment), pembayaran cicilan kredit bank, pembayaran tv kabel, dll.

 

  1. Pengeluaran Tidak Tetap (Variable Outflow)

Merupakan sejumlah pengeluaran seseorang yang besarnya tidak tetap dalam satu periode waktu tertentu seperti biaya telepon, konsumsi rumah tangga, biaya liburan, pembayaran kartu kredit, tagihan listrik / PLN, biaya pengobatan medis, dll.

 

  • Arus Kas Bersih (Net Cash Flow).

    Arus kas bersih (net cash flow) merupakan selisih antara pendapatan dengan pengeluaran yang merupakan gambaran atas keadaan keuangan seseorang (surplus/defisit) dalam satu periode waktu tertentu.

     

    Nilai arus kas bersih dapat dihitung dengan rumus sbb:

     

     

     

 

CONTOH BENTUK LAPORAN KEUANGAN

  • LAPORAN NERACA KEUANGAN PRIBADI (PERSONAL BALANCE SHEET STATEMENT).

     

     

  • LAPORAN ARUS KAS PRIBADI (PERSONAL CASH FLOW STATEMENT).

     

About these ads

~ by askyourplanner on 23 November, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: